Cari Blog Ini

Jumat, 28 Oktober 2011

Ide Bisnis Rumahan di Tahun 2011


 

Awal tahun merupakan moment yang sering dimanfaatkan banyak orang untuk membuat rencana dan menentukan target baru yang ingin mereka capai. Baik dalam hal karir, keluarga, kehidupan, termasuk juga merencakan peluang bisnis yang memungkinkan untuk mereka coba.
Tak bisa dipungkiri bahwa peningkatan jumlah entrepreneur di Indonesia yang menunjukan kemajuan positif, memberikan motivasi bagi masyarakat lainnya untuk saling berlomba membuka usaha. Lihat saja jumlah pelaku usaha dengan modal kecil sampai pelaku usaha bermodal milyaran rupiah, yang saat ini telah bermunculan dan meramaikan persaingan pasar lokal maupun pasar internasional. Tentu Anda juga berminat untuk ambil bagian bukan?
Memutuskan untuk memulai usaha memang tidak mudah, banyak orang takut untuk memulainya karena alasan modal. Padahal jika Anda memiliki tekad dan niat yang kuat, sebenarnya banyak peluang usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil, misalnya saja bisnis rumahan. Memanfaatkan segala potensi yang ada di rumah untuk menjalankan bisnis, menjadi alternatif tepat bagi Anda untuk menekan modal usaha yang dibutuhkan. Sehingga Anda bisa tetap membuka usaha, meskipun modal yang Anda miliki terbatas.
Memasuki pertengahan bulan kedua di tahun 2011, tidak ada salahnya bila Anda mulai merencanakan peluang bisnis yang memiliki prospek cukup bagus kedepannya. Jika saat ini modal yang Anda miliki terbatas, mulailah dengan memilih peluang usaha kecil yang bisa Anda jalankan dari rumah.
Nah, untuk mempermudah Anda mencari ide bisnis rumahan di tahun 2011. Berikut kami informasikan kepada para pembaca mengenai beberapa ide bisnis yang memiliki prospek cukup bagus.
  • Bisnis kuliner. Prospek bisnis kuliner memang tidak ada matinya, begitu juga dengan tahun ini. Perkembangan bisnis kuliner akan semakin meningkat seiring dengan meluasnya minat pasar akan produk-produk kuliner. Anda bisa membuka warung makan dengan menu tradisional, bisnis katering, bisnis kue, warung soto dan bakso, warung pecel lele dan penyetan, bisnis angkringan, warung makan bagi konsumen vegetarian, dll.
  • Bisnis energi. Yang dimaksud energi disini adalah bahan bakar dan gas. Anda bisa menjadi agen atau menjadi sub agen gas elpiji. Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan bahan bakar dan gas, bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis rumahan yang cukup menjanjikan. Bukan itu saja, saat ini PLN pun membuka kerjasama untuk kios pembayaran listrik bagi komunitas masyarakat. Sehingga peluang Anda untuk menjalankan bisnis energi di rumah, semakin terbuka lebar.
  • Bisnis jasa kesehatan maupun kecantikan. Semakin hari masyarakat semakin mementingkan kesehatan dan penampilan mereka. Keadaan tersebut bisa Anda jadikan sebagai peluang untuk mendapatkan keuntungan cukup besar. Misalnya saja dengan membuka klinik kesehatan di rumah, jasa bidan swasta, mencoba bisnis salon kecantikan, bisnis jasa potong rambut, jasa rias pengantin, dll.
  • Bisnis pendidikan dan pelatihan. Meningkatnya kepedulian masyarakat akan pentingnya pendidikan dan skill, membuat bisnis di bidang tersebut memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi. Lihat saja pertumbuhan lembaga bimbingan belajar, jasa les privat, lembaga kursus bahasa, kursus computer, kursus memasak, kursus kecantikan, serta lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) yang saat ini sudah banyak beredar di lingkungan kita. Jadi tidak menutup kemungkinan, Anda pun juga bisa membuka bisnis pendidikan di rumah Anda.
  • Bisnis retail. Menekuni bisnis retail dengan produk kebutuhan sehari-hari masyarakat memang menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin membuka bisnis rumahan. Berada di lingkungan pemukiman warga, membuat bisnis tersebut memiliki potensi pasar yang sangat bagus. Anda bisa mencoba membuka toko kelontong, warung sembako, atau minimarket dengan memanfaatkan ruang kosong yang ada di rumah Anda.
Setelah mengetahui beberapa ide bisnis di atas, selanjutnya Anda bisa merencanakan bisnis rumahan yang paling tepat bagi Anda. Dan cobalah yakinkan diri Anda untuk action sekarang juga. Semoga info bisnis untuk pekan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dan membantu Anda yang sedang mencari peluang usaha. Selamat mencoba dan salam sukses.

Peluang Usaha Pembuatan Website Semakin Besar


 

Perkembangan jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun sangatlah pesat. Hal ini menunjukkan bahwa semakin familiernya dunia internet sebagai sebuah kebutuhan. Dengan semakin familiernya internet maka website atau sejenisnya sangatlah menjadi hal yang penting dan efektif untuk berbagi informasi, berbagi profil, penawaran produk/ jualan online, dan lain sebagainya. Inilah yang seharusnya menjadikan peluang usaha pembuatan website semakin besar, bagi para programer bisnis ini memiliki prospek yang cukup menguntungkan.
Konsumen
Kebanyakan konsumen yang membutuhkan layanan pembuatan website ini adalah instansi atau perusahaan yang ingin mengenalkan produk mereka untuk dipasarkan. Walaupun begitu banyak pula perorangan yang menggunakan jasa pembuatan website ini. Selain tersebut diatas, konsumen target Anda  adalah organisasi, tokoh masyarakat, artis, bisnis atau usaha, lembaga pemerintahan dan non pemerintah, serta lembaga swadaya masyarakat (LPM) yang membutuhkan website untuk memperlancar urusannya.

Tips Membuat Pengunjung Website Betah


 

Persaingan bisnis online yang semakin meningkat, membuat para blogger berusaha keras untuk membuat pengunjung website betah berlama-lama menikmati informasi yang ada di website mereka. Bahkan mereka saling berlomba untuk menahan para pengunjungnya, agar betah berselancar di website miliknya. Berbagai cara dilakukan untuk membuat pengunjung betah, sebab sebuah website bisa dikatakan bagus jika website tersebut berhasil membuat para pengunjungnya merasa nyaman untuk menikmati semua konten yang ada di dalamnya.
Meskipun demikian,  tidak semua blogger berhasil menahan pengunjungnya untuk berlama-lama di website mereka. Padahal semakin lama pengunjung berselancar di website Anda, maka semakin banyak pula peluang yang dapat Anda peroleh. Misalnya saja peluang untuk membuat pengunjung tertarik dengan produk Anda atau sekedar membuat pengunjung tertarik memasang iklan banner, sehingga meningkatkan pendapatan dan page rank website Anda. Sangat menguntungkan bukan?
Oleh karena itu, untuk mengetahui cara menarik pengunjung agar betah berlama-lama mencari informasi di sebuah website. Pada kesempatan kali ini, kami akan menginformasikan tentang beberapa tips membuat pengunjung website betah.
Untuk mengetahui informasi selengkapnya, berikut beberapa tips sukses yang dapat Anda coba :
  • Buatlah tampilan website yang menarik. Kesan pertama pengunjung yang diperoleh dari tampilan website tersebut. Tampilan website yang menarik, bukan berarti harus penuh warna dan penuh dengan iklan. Buatlah tampilan website dengan warna yang nyaman dimata, tidak terdapat banyak link yang membingungkan pengunjung, navigasi diatur secara rapi, serta tidak terlalu banyak iklan yang lewat ketika pengunjung sedang membaca konten di website tersebut. Sehingga pengunjung merasa nyaman berlama-lama di website Anda.
  • Berikan konten yang berkualitas. Yang tidak kalah penting untuk membuat pengunjung betah yaitu adanya konten yang bermanfaat. Biasanya pengunjung akan semakin betah, jika Ia menemukan informasi-informasi bermanfaat di sebuah website. Seperti informasi yang membahas tentang solusi dari sebuah permasalahan, atau sekedar berita penting mengenai perkembangan kondisi saat ini. Faktor ini yang membuat pengunjung betah berlama-lama di sebuah website, bahkan mereka tidak sungkan untuk kembali mengunjungi website tersebut.
  • Hindarkan website Anda dari eror. Karena pengunjung tidak suka dengan website yang sering eror. Oleh karena itu pastikan website Anda tidak ada link yang eror, karena akan menganggu kenyamanan pengunjung saat mencari informasi di website Anda. Disamping itu pastikan untuk memilih hosting yang tidak sering down. Jika hosting Anda sering down, maka website Anda tidak dapat dikunjungi para user, sehingga mereka enggan untuk kembali lagi  ke website Anda. Tentu ini akan sangat merugikan website Anda.
  • Usahakan website cepat di akses. Akses masuk website yang terlalu lama, membuat para pengunjung cepat meninggalkan website Anda. Karena mereka tidak suka untuk menunggu terlalu lama, apalagi bagi pengunjung yang koneksinya minim. Karena mereka akan sangat kesulitan untuk membuka website Anda. Oleh sebab itu, hindari penggunaan animasi atau gambar yang berukuran besar. Agar website Anda tidak terlalu berat untuk dibuka, dan mudah diakses para pengguna internet.
  • Upayakan untuk berinteraksi dengan para pengunjung. Interaksi dapat dilakukan dengan membalas coment yang masuk ke website, membalas email pengunjung, atau sekedar berkomunikasi secara langsung dengan layanan chat online. Hal tersebut menjadi salah satu cara untuk membuat para pengunjung senang dan tertarik, untuk sering-sering berkunjung di website Anda. Sebab para pengunjung bisnis online seperti websitepun, juga membutuhkan keramah-tamahan dari pemiliknya.
  • Tanamkan brand/image yang menjadi ciri khas website Anda. Bisnis online atau website juga membutuhkan pengenalan brand atau image pada para pengunjungnya. Ini bertujuan untuk mengenalkan website Anda kepada para pengunjung, sehingga pengunjung bisa membedakan website Anda dengan yang lainnya. Cara ini bisa dilakukan dengan menampilkan logo, banner, address bar icon, maupun tampilan website yang menjadi ciri khasnya. Contohnya saja bisnisukm.com, yang telah memasang logo di halaman utama website.
Nah, itulah beberapa tips yang dapat digunakan untuk membuat pengunjung website Anda betah. Semoga informasi ini bermanfaat, dan bisa dipraktekan langsung di website Anda. Selamat mencoba, dan salam sukses.

Apa Perbedaan WordPress dan Blogspot?


 

“Banyak jalan menuju Roma.” Mungkin pepatah tersebut yang paling cocok untuk menggambarkan peluang bisnis online saat ini. Sebab bisnis online dapat dimulai dengan berbagai cara dan media. Bahkan sekarang ini untuk membuat website atau blog tidaklah sulit, berbagai software gratis bisa Anda gunakan untuk membuatnya.
WordPress dan blogspot merupakan salah satu contoh web service blog gratisan yang bisa Anda gunakan untuk  melalui bisnis online. Kedua web servis tersebut, sekarang menjadi salah satu media yang banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk membuat website maupun blog. Sebab sebagian besar orang tertarik dengan layanan gratis yang diberikan.
Walaupun sama-sama memberikan layanan website atau blog secara gratis, namun kedua web servis tersebut memiliki beberapa perbedaan. Malah ada beberapa perbedaan yang sangat bertolak belakang. Apa perbedaan wordpress dan blogspot? Mari kita bahas bersama :
Template yang digunakan wordpress dan blog sangatlah bebeda. Biasanya template atau theme pada wordpress tidak diijinkan untuk diganti, hanya bisa menggunakan theme yang sudah tersedia saja. Sedangkan untuk blog, kita bisa memilih template atau theme sesuai keinginan dengan cara mengganti kode dari template/theme yang ada pada blog.
Pada wordpress contentnya bisa lebih variatif, dengan tipe postingan pages dan post Anda bisa membuat tag dan kategori yang disesuaikan dengan SEO atau keyword tertentu. Karena wordpress merupakan web servis yang SEO friendly. Dan yang terpenting, dengan wordpress Anda juga bisa mengelola dan menyensor komentar yang masuk. Sedangkan pada blog, Anda hanya bisa memosting konten dengan tipe post saja. Pada blog juga tidak bisa menggunakan kategori, yang ada hanya label (hampir sama dengan tag pada wordpress). Disamping itu, komentar pada blog juga tidak bisa disaring atau disensor. Sehingga semua komentar masuk pada blog Anda.
Jika dilihat dari fiturnya, blog terbilang lebih disenangi masyarakat. Karena fiturnya sangat sederhana, sehingga lebih mudah untuk digunakan oleh para pemula. Blog juga memberikan kebebasan kepada pengguna untuk memasang javascript, tak heran jika banyak orang yang menggunakan media blog untuk menjalankan bisnis affiliate PPC (pay per click). Dan kebijakan ini tidak berlaku pada wordpress, karena wordpress tidak mengijinkan penggunanya menggunakan javascript.
Disamping itu pada wordpress terdapat statistik otomatis, yang dapat menunjukan jumlah pengunjung setiap harinya, serta dari situs mana kebanyakan pengunjung datang. Sehingga kita bisa mengetahui traffic pengunjung setiap harinya. Lain halnya pada blog, karena fiturnya terlalu sederhana jadi belum ada statistik otomatisnya. Jika ingin melihat traffic pengunjung, Anda perlu memasangnya secara manual.
Baik wordpress maupun blog memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilih wordpress atau blog? Sebaiknya sesuaikan pilihan dengan kebutuhan Anda.
Sekian dulu informasi mengenai perbedaan wordpress dan blog yang kami berikan untuk info bisnis online pekan ini. Jika masih ada informasi yang belum sempat kami bahas, bisa langsung saja share melalui ruang komentar yang ada dibawah posting ini. Selamat mencoba peluang bisnis online, semoga berhasil dan salam sukses.

Mengapa Tracking pada Bisnis Online Penting?


 

Perkembangan bisnis online saat ini sudah sangat pesat, sehingga menimbulkan persaingan bisnis yang cukup ketat. Namun di tengah persaingan yang ada, tidak semua blog atau website memiliki traffic kunjungan yang bagus. Sehingga setiap bisnis online memiliki track atau jumlah kunjungan yang berbeda- beda.
Untuk memenangkan persaingan bisnis online, banyak pelaku bisnis yang berusaha mengoptimalkan blog atau website mereka dengan mencari informasi mengenai kunjungan konsumen. Hal inilah yang mendorong  para pelaku bisnis online, ingin mengetahui tracking blog atau website yang mereka miliki saat ini.
Manfaat dari kegiatan tracking pengunjung antara lain, pelaku bisnis online bisa mengetahui dari mana pengunjung menemukan bisnis onlinenya, berapa banyak jumlah konsumen yang mengunjungi blog atau website tersebut setiap harinya, berapa lama pengunjung browsing di blog atau website Anda, sampai halaman atau content apa saja yang paling sering dikunjungi konsumen. Sehingga Anda mengetahui informasi penting menyangkut perkembangan bisnis online Anda saat ini.
Jika Anda penasaran dan bertanya-tanya, mengapa tracking pada bisnis online penting? berikut kami berikan jawabannya :
  • Dengan mengetahui bagaimana pengunjung menemukan bisnis online Anda (seperti melalui mesin pencarian Google dengan kata kunci tertentu), maka Anda bisa memfokuskan diri untuk meningkatkan jumlah kunjungan dari sumber tersebut. Misalnya saja dengan mengoptimalkan kata kunci tertentu, pada setiap konten yang ada pada bisnis online Anda. Atau bisa juga dengan menggunakan SEO, untuk mempermudah proses pencarian pada mesin Goole. Jadi tidak menutup kemungkinan, jika blog atau website Anda akan muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.
  • Informasi mengenai jumlah pengunjung yang datang ke blog atau website Anda setiap harinya, juga sangat penting bagi Anda. Dengan informasi tersebut, Anda mengetahui seberapa ramai pengunjung bisnis online Anda. Sebab semakin banyak pengunjung yang datang setiap harinya, maka semakin popular pula blog atau website yang Anda miliki.
  • Berapa lama pengunjung browsing di blog atau website Anda, secara tidak langsung memberikan penilaian pada konten yang ada di dalamnya. Jika konten yang ada di dalam blog atau website tersebut bagus, maka pengunjung juga tidak akan segan untuk berlama-lama browsing ditempat Anda. Hal ini menjadi salah satu bahan pertimbangan ketika Anda mengadakan evaluasi konten dan pelayananbagi para konsumen, sehingga Anda mengetahui cara untuk meningkatkan kepuasan pengunjung.
  • Yang keempat, pentingnya tracking dapat membantu Anda dalam menentukan topik yang diminati konsumen. Dengan melihat data konten yang paling sering dikunjungi konsumen, Anda mengetahui minat konsumen. Sehingga untuk topic selanjutnya, dapat disesuaikan dengan minat utama para pengunjung.
Mengetahui perkambangan blog, merupakan salah satu hal wajib bagi pelaku bisnis online. Oleh karena itu, kegiatan tracking sangat diperlukan untuk mendapatkan data perkembangan sebuah blog atau website yang berimbas pada kemajuan bisnis tersebut. Sekian informasi mengenai bisnis online, semoga dapat membantu Anda yang sedang menjalankan bisnis online. Salam sukses.

Memulai Bisnis Online dengan Facebook


 

Popularitas facebook yang semakin meningkat, ternyata tidak disia – siakan para pelaku bisnis online. Para pengguna facebook yang tersebar hingga ke berbagai negara, dijadikan sebagai peluang pasar yang bagus bagi para pelaku bisnis. Berbagai peluang bisnis berusaha memasarkan produk mereka melalui situs jejaring tersebut.
Di Indonesia, popularitas facebook mampu bersaing dengan popularitas google. Sebelum ada facebook, google menjadi tujuan utama masyarakat saat menggunakan internet. Namun sekarang ketika orang menggunakan internet, mereka cenderung lebih sering membuka facebook dibandingkan membuka google. Hal ini memberikan prospek cerah bagi pelaku bisnis online, untuk memasarkan produknya. Sebab selain menggunakan website dan blog, mereka dapat memulai bisnis online dengan facebook.
Selain digunakan sebagai ajang menjalin pertemanan dengan semua orang, facebook juga banyak digunakan orang untuk menjalankan bisnis toko online mereka. Beberapa pengusaha sengaja memasarkan produknya dengan mengunduh gambar produk ke account facebook mereka. Disamping itu mereka juga menggunakan aplikasi lain yang ada di facebook untuk membantu pemasaran produk, misalnya saja aplikasi events untuk menyebarkan berita kepada konsumen tentang event atau acara yang akan menjadi agenda perusahaan Anda. Atau aplikasi catatan pada facebook yang dapat digunakan untuk menginformasikan tentang perkembangan bisnis yang Anda jalankan. Ada juga aplikasi video dan photo yang bisa digunakan untuk mengunduh gambar produk, bukan hanya itu saja masih ada aplikasi discussion board yang bisa membantu Anda untuk berinteraksi dengan para konsumen dan rekan kerja lainnya. Cara ini ternyata cukup efektif dan membantu pemasaran produk yang dipasarkan.
Mencoba peluang bisnis online melalui facebook terbilang cukup mudah dan murah. Oleh karena itu banyak pemula bisnis online yang menggunakan situs ini untuk memulai bisnisnya. Karena untuk membuat account facebook tidak dipungut biaya alias gratis. Disamping itu mudahnya menjalankan bisnis online melalui facebook, membuat persaingan bisnis di facebook juga cukup besar. Untuk itu Anda harus tekun dan kreatif untuk menawarkan produk. Berikut kami berikan tips sukses pemasaran produk melalui facebook :
a. Rajin menulis status yang berisi iklan menarik dan unik, kata – kata pada status Anda menjadi daya tarik bagi konsumen untuk mengunjungi facebook Anda.
b. Melakukan pemasaran dengan mengunduh  foto dan video produk ke facebook Anda. Peluang datangnya pesanan berasal dari gambar – gambar produk yang ditawarkan.
c. Membuat fitur album untuk foto dan video produk. Pisahkan produk ready stock dengan produk yang sudah sold out. Sehingga konsumen mengetahui mana produk yang masih bisa dipesan, dan mana produk yang sudah habis terjual.
d. Untuk menawarkan produk Anda, bagikan foto maupun video produk kepada para pengguna facebook ( gunakan aplikasi tag ). Cara ini selain untuk memasarkan produk, juga bertujuan untuk mengenalkan alamat toko online Anda.
e. Cantumkan alamat dan no telepon yang dapat dihubungi konsumen, sehingga konsumen percaya dengan keberadaan bisnis Anda.
Mudahnya menjalankan bisnis online melalui facebook, cocok bagi para pemula yang ingin mencoba bisnis melalui internet. Semoga cara ini dapat bermanfaat dan salam sukses.

Peluang Bisnis Online Melalui Blog


Mencoba peluang bisnis online ternyata dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dari mulai menggunakan fasilitas website, blog, hingga jejaring social seperti facebook juga dapat digunakan sebagai media untuk menjalankan bisnis online. Salah satu media yang sering digunakan para pemula untuk mencoba bisnis online yaitu dengan menggunakan blog. Kebanyakan orang memilih blog sebagai media bisnis online yang mereka jalankan, karena media blog yang luas memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis online untuk mengisi blognya dengan conten yang mendukung usahanya.
Saat ini peluang bisnis online melalui blog masih terbuka lebar, namun sebagian besar dari masyarakat selalu beranggapan bahwa bisnis online yang berpeluang hanya sebatas bisnis affiliasi, link sales, paid review, atau Adsense saja. Padahal sebenarnya masih banyak bisnis offline yang bisa dikembangkan dengan sistem online melalui blog. Misalnya saja dengan menggunakan blog sebagai toko online, yang menyediakan baju dari toko atau butik offline.
Berikut kami berikan beberapa tips sukses bisnis online dengan menggunakan blog :
  1. Gunakan ruang kosong pada blog Anda untuk menawarkan produk yang menjual. Misalnya saja berupa produk ebook, video tutorial, atau bisa juga berupa bisnis jasa seperti jasa pembuatan website. Disamping itu Anda juga bisa menawarkan produk offline melalui blog untuk menambah omset penjualan produk.
  2. Gunakan iklan sebagai salah satu peluang memperoleh penghasilan tambahan. Iklan yang ditawarkan bisa berupa iklan link, iklan banner, atau iklan pilihan lainnya. Iklan yang memberikan kemudahan biasanya yaitu iklan program affiliate.
  3. Posting info produk yang ditawarkan blog Anda, biasanya para konsumen akan tertarik dengan suatu produk setelah mereka membaca ulasan atau info produk yang menjelaskan kualitas produk yang ditawarkan.
  4. Cantumkan bukti atau pengalaman dari pelanggan yang puas dengan produk yang kita tawarkan. Testimoni dari para pelanggan, dapat meningkatkan kepercayaan konsumen baru akan produk yang kita tawarkan.
  5. Fokus pada satu minat berdasarkan hobi yang Anda suka. Dengan melakukan hal yang disukai, Anda dapat menikmati bisnis online melalui blog sehingga mampu bertahan menjalankan bisnis tersebut dalam jangka waktu yang lama. Biasanya para pelaku bisnis online tidak bertahan dengan bisnisnya, karena mereka kurang sabar dan tidak menikmati apa yang dikerjakannya.
  6. Menjaga loyalitas konsumen yang telah ada, dengan memberikan segala informasi secara jujur dan pelayanan yang penuh keramahan. Sehingga para konsumen dengan senang hati akan kembali lagi ke blog Anda.
Dari sebuah blog yang dulu hanya digunakan untuk sharing bersama teman, kini dapat dijadikan sebagai media bisnis yang bisa menghasilkan uang. Sebenarnya semua orang bisa menjalankan bisnis online hanya dengan bermodalkan blog. Yang terpenting adalah kreatifitas untuk selalu memberikan inovasi pada bisnis yang ia jalankan. Salam sukses.

Apa itu Affiliate ?


 
Pernahkah Anda mendengar istilah “Affiliate”? kami yakin sebagian besar masyarakat sudah sering mendengar istilah affiliate, namun tidak menutup kemungkinan bahwa sebagian dari mereka belum mengerti betul apa yang dimaksud dengan affiliate. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang apa itu Affiliate.
Affiliate merupakan salah satu jenis atau program bisnis online yang dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menghasilkan untung besar jika dijalankan dengan fokus. Yang dimaksud dengan affiliate yaitu bentuk kerjasama bisnis dimana kita berperan sebagai perantara atau penghubung antara produsen dengan customer mereka, tanpa ada persyaratan apapun alias gratis. Biasanya fee penjualan berkisar antara 5% hingga 50% tergantung perusahaan atau pengusaha yang bekerjasama dengan Anda. Pemberian fee akan diberikan oleh para pengusaha jika telah ada customer yang melakukan transaksi melalui Anda.
Affiliate memiliki beberapa tipe program bisnis, yang dibedakan menurut cara pendapatan fee atau komisi. Berikut tipe – tipe affiliate yang dapat ditemukan :
1. Pay Per Click
Tipe ini memberikan komisi sesuai dengan jumlah customer yang mengklik link yang ditampilkan affiliator. Misalnya Google Adsense
2. Pay Per Sale
Tipe yang kedua memberikan komisi sesuai dengan jumlah produk atau layanan yang berhasil terjual melalui link yang ditampilkan affiliator. Misalnya pada amazone.com
3. Pay Per Lead
Tipe Pay Per Lead memberikan komisi berdasarkan jumlah orang yang telah mengisi form (isian), survey, atau sign up untuk menjadi member pada website pemilik program affiliate. Misalnya Copeac.Com
4. Pay Per Download
Tipe affiliate ini memberikan komisi berdasarkan orang yang mendownload file atau produk yang ditawarkan penyelenggara affiliate. Misalnya beoscope.com
5. Pay Per Impression
Tipe Pay Per Impression memberikan komisi berdasarkan berapa kali tampilan sebuah iklan yang dipasang pada blog atau website Anda dilihat oleh orang. Misalnya Linkbucks.com
6. Pay Per Play
Sedangkan tipe Pay Per Play memberikan komisi sesuai dengan jumlah orang yang memutar audio ataupun video yang ditampilkan oleh affiliator. Misalnya SellingPPP
7. Paid To Click / Read
Dan untuk tipe paid to click / read komisi diberikan bila Anda sendiri mengklik / membaca iklan yang disodorkan dan diatur dalam durasi tertentu. Misalnya honestptr.com


Dari ketujuh tipe affiliate diatas tentu saja memiliki kelebihan maupun kekurangan yang berbeda. Biasanya tipe affiliate yang banyak diminati yaitu tipe pay per click, pay per lead, dan pay per sale. Fee yang diterima dapat ditentukan berdasarkan pilihan Anda.
Setelah mengetahui informasi tentang apa itu affiliate, pekan depan kami akan mengangkat tulisan tentang perbedaan Affiliate dengan Reseller. Semoga tulisan ini dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis online.
Salam sukses.