Cari Blog Ini

Jumat, 28 Oktober 2011

Apa Perbedaan WordPress dan Blogspot?


 

“Banyak jalan menuju Roma.” Mungkin pepatah tersebut yang paling cocok untuk menggambarkan peluang bisnis online saat ini. Sebab bisnis online dapat dimulai dengan berbagai cara dan media. Bahkan sekarang ini untuk membuat website atau blog tidaklah sulit, berbagai software gratis bisa Anda gunakan untuk membuatnya.
WordPress dan blogspot merupakan salah satu contoh web service blog gratisan yang bisa Anda gunakan untuk  melalui bisnis online. Kedua web servis tersebut, sekarang menjadi salah satu media yang banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk membuat website maupun blog. Sebab sebagian besar orang tertarik dengan layanan gratis yang diberikan.
Walaupun sama-sama memberikan layanan website atau blog secara gratis, namun kedua web servis tersebut memiliki beberapa perbedaan. Malah ada beberapa perbedaan yang sangat bertolak belakang. Apa perbedaan wordpress dan blogspot? Mari kita bahas bersama :
Template yang digunakan wordpress dan blog sangatlah bebeda. Biasanya template atau theme pada wordpress tidak diijinkan untuk diganti, hanya bisa menggunakan theme yang sudah tersedia saja. Sedangkan untuk blog, kita bisa memilih template atau theme sesuai keinginan dengan cara mengganti kode dari template/theme yang ada pada blog.
Pada wordpress contentnya bisa lebih variatif, dengan tipe postingan pages dan post Anda bisa membuat tag dan kategori yang disesuaikan dengan SEO atau keyword tertentu. Karena wordpress merupakan web servis yang SEO friendly. Dan yang terpenting, dengan wordpress Anda juga bisa mengelola dan menyensor komentar yang masuk. Sedangkan pada blog, Anda hanya bisa memosting konten dengan tipe post saja. Pada blog juga tidak bisa menggunakan kategori, yang ada hanya label (hampir sama dengan tag pada wordpress). Disamping itu, komentar pada blog juga tidak bisa disaring atau disensor. Sehingga semua komentar masuk pada blog Anda.
Jika dilihat dari fiturnya, blog terbilang lebih disenangi masyarakat. Karena fiturnya sangat sederhana, sehingga lebih mudah untuk digunakan oleh para pemula. Blog juga memberikan kebebasan kepada pengguna untuk memasang javascript, tak heran jika banyak orang yang menggunakan media blog untuk menjalankan bisnis affiliate PPC (pay per click). Dan kebijakan ini tidak berlaku pada wordpress, karena wordpress tidak mengijinkan penggunanya menggunakan javascript.
Disamping itu pada wordpress terdapat statistik otomatis, yang dapat menunjukan jumlah pengunjung setiap harinya, serta dari situs mana kebanyakan pengunjung datang. Sehingga kita bisa mengetahui traffic pengunjung setiap harinya. Lain halnya pada blog, karena fiturnya terlalu sederhana jadi belum ada statistik otomatisnya. Jika ingin melihat traffic pengunjung, Anda perlu memasangnya secara manual.
Baik wordpress maupun blog memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilih wordpress atau blog? Sebaiknya sesuaikan pilihan dengan kebutuhan Anda.
Sekian dulu informasi mengenai perbedaan wordpress dan blog yang kami berikan untuk info bisnis online pekan ini. Jika masih ada informasi yang belum sempat kami bahas, bisa langsung saja share melalui ruang komentar yang ada dibawah posting ini. Selamat mencoba peluang bisnis online, semoga berhasil dan salam sukses.