Cari Blog Ini

Jumat, 28 Oktober 2011

Mengapa Tracking pada Bisnis Online Penting?


 

Perkembangan bisnis online saat ini sudah sangat pesat, sehingga menimbulkan persaingan bisnis yang cukup ketat. Namun di tengah persaingan yang ada, tidak semua blog atau website memiliki traffic kunjungan yang bagus. Sehingga setiap bisnis online memiliki track atau jumlah kunjungan yang berbeda- beda.
Untuk memenangkan persaingan bisnis online, banyak pelaku bisnis yang berusaha mengoptimalkan blog atau website mereka dengan mencari informasi mengenai kunjungan konsumen. Hal inilah yang mendorong  para pelaku bisnis online, ingin mengetahui tracking blog atau website yang mereka miliki saat ini.
Manfaat dari kegiatan tracking pengunjung antara lain, pelaku bisnis online bisa mengetahui dari mana pengunjung menemukan bisnis onlinenya, berapa banyak jumlah konsumen yang mengunjungi blog atau website tersebut setiap harinya, berapa lama pengunjung browsing di blog atau website Anda, sampai halaman atau content apa saja yang paling sering dikunjungi konsumen. Sehingga Anda mengetahui informasi penting menyangkut perkembangan bisnis online Anda saat ini.
Jika Anda penasaran dan bertanya-tanya, mengapa tracking pada bisnis online penting? berikut kami berikan jawabannya :
  • Dengan mengetahui bagaimana pengunjung menemukan bisnis online Anda (seperti melalui mesin pencarian Google dengan kata kunci tertentu), maka Anda bisa memfokuskan diri untuk meningkatkan jumlah kunjungan dari sumber tersebut. Misalnya saja dengan mengoptimalkan kata kunci tertentu, pada setiap konten yang ada pada bisnis online Anda. Atau bisa juga dengan menggunakan SEO, untuk mempermudah proses pencarian pada mesin Goole. Jadi tidak menutup kemungkinan, jika blog atau website Anda akan muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.
  • Informasi mengenai jumlah pengunjung yang datang ke blog atau website Anda setiap harinya, juga sangat penting bagi Anda. Dengan informasi tersebut, Anda mengetahui seberapa ramai pengunjung bisnis online Anda. Sebab semakin banyak pengunjung yang datang setiap harinya, maka semakin popular pula blog atau website yang Anda miliki.
  • Berapa lama pengunjung browsing di blog atau website Anda, secara tidak langsung memberikan penilaian pada konten yang ada di dalamnya. Jika konten yang ada di dalam blog atau website tersebut bagus, maka pengunjung juga tidak akan segan untuk berlama-lama browsing ditempat Anda. Hal ini menjadi salah satu bahan pertimbangan ketika Anda mengadakan evaluasi konten dan pelayananbagi para konsumen, sehingga Anda mengetahui cara untuk meningkatkan kepuasan pengunjung.
  • Yang keempat, pentingnya tracking dapat membantu Anda dalam menentukan topik yang diminati konsumen. Dengan melihat data konten yang paling sering dikunjungi konsumen, Anda mengetahui minat konsumen. Sehingga untuk topic selanjutnya, dapat disesuaikan dengan minat utama para pengunjung.
Mengetahui perkambangan blog, merupakan salah satu hal wajib bagi pelaku bisnis online. Oleh karena itu, kegiatan tracking sangat diperlukan untuk mendapatkan data perkembangan sebuah blog atau website yang berimbas pada kemajuan bisnis tersebut. Sekian informasi mengenai bisnis online, semoga dapat membantu Anda yang sedang menjalankan bisnis online. Salam sukses.