Cari Blog Ini

Jumat, 28 Oktober 2011

Tips Membuat Pengunjung Website Betah


 

Persaingan bisnis online yang semakin meningkat, membuat para blogger berusaha keras untuk membuat pengunjung website betah berlama-lama menikmati informasi yang ada di website mereka. Bahkan mereka saling berlomba untuk menahan para pengunjungnya, agar betah berselancar di website miliknya. Berbagai cara dilakukan untuk membuat pengunjung betah, sebab sebuah website bisa dikatakan bagus jika website tersebut berhasil membuat para pengunjungnya merasa nyaman untuk menikmati semua konten yang ada di dalamnya.
Meskipun demikian,  tidak semua blogger berhasil menahan pengunjungnya untuk berlama-lama di website mereka. Padahal semakin lama pengunjung berselancar di website Anda, maka semakin banyak pula peluang yang dapat Anda peroleh. Misalnya saja peluang untuk membuat pengunjung tertarik dengan produk Anda atau sekedar membuat pengunjung tertarik memasang iklan banner, sehingga meningkatkan pendapatan dan page rank website Anda. Sangat menguntungkan bukan?
Oleh karena itu, untuk mengetahui cara menarik pengunjung agar betah berlama-lama mencari informasi di sebuah website. Pada kesempatan kali ini, kami akan menginformasikan tentang beberapa tips membuat pengunjung website betah.
Untuk mengetahui informasi selengkapnya, berikut beberapa tips sukses yang dapat Anda coba :
  • Buatlah tampilan website yang menarik. Kesan pertama pengunjung yang diperoleh dari tampilan website tersebut. Tampilan website yang menarik, bukan berarti harus penuh warna dan penuh dengan iklan. Buatlah tampilan website dengan warna yang nyaman dimata, tidak terdapat banyak link yang membingungkan pengunjung, navigasi diatur secara rapi, serta tidak terlalu banyak iklan yang lewat ketika pengunjung sedang membaca konten di website tersebut. Sehingga pengunjung merasa nyaman berlama-lama di website Anda.
  • Berikan konten yang berkualitas. Yang tidak kalah penting untuk membuat pengunjung betah yaitu adanya konten yang bermanfaat. Biasanya pengunjung akan semakin betah, jika Ia menemukan informasi-informasi bermanfaat di sebuah website. Seperti informasi yang membahas tentang solusi dari sebuah permasalahan, atau sekedar berita penting mengenai perkembangan kondisi saat ini. Faktor ini yang membuat pengunjung betah berlama-lama di sebuah website, bahkan mereka tidak sungkan untuk kembali mengunjungi website tersebut.
  • Hindarkan website Anda dari eror. Karena pengunjung tidak suka dengan website yang sering eror. Oleh karena itu pastikan website Anda tidak ada link yang eror, karena akan menganggu kenyamanan pengunjung saat mencari informasi di website Anda. Disamping itu pastikan untuk memilih hosting yang tidak sering down. Jika hosting Anda sering down, maka website Anda tidak dapat dikunjungi para user, sehingga mereka enggan untuk kembali lagi  ke website Anda. Tentu ini akan sangat merugikan website Anda.
  • Usahakan website cepat di akses. Akses masuk website yang terlalu lama, membuat para pengunjung cepat meninggalkan website Anda. Karena mereka tidak suka untuk menunggu terlalu lama, apalagi bagi pengunjung yang koneksinya minim. Karena mereka akan sangat kesulitan untuk membuka website Anda. Oleh sebab itu, hindari penggunaan animasi atau gambar yang berukuran besar. Agar website Anda tidak terlalu berat untuk dibuka, dan mudah diakses para pengguna internet.
  • Upayakan untuk berinteraksi dengan para pengunjung. Interaksi dapat dilakukan dengan membalas coment yang masuk ke website, membalas email pengunjung, atau sekedar berkomunikasi secara langsung dengan layanan chat online. Hal tersebut menjadi salah satu cara untuk membuat para pengunjung senang dan tertarik, untuk sering-sering berkunjung di website Anda. Sebab para pengunjung bisnis online seperti websitepun, juga membutuhkan keramah-tamahan dari pemiliknya.
  • Tanamkan brand/image yang menjadi ciri khas website Anda. Bisnis online atau website juga membutuhkan pengenalan brand atau image pada para pengunjungnya. Ini bertujuan untuk mengenalkan website Anda kepada para pengunjung, sehingga pengunjung bisa membedakan website Anda dengan yang lainnya. Cara ini bisa dilakukan dengan menampilkan logo, banner, address bar icon, maupun tampilan website yang menjadi ciri khasnya. Contohnya saja bisnisukm.com, yang telah memasang logo di halaman utama website.
Nah, itulah beberapa tips yang dapat digunakan untuk membuat pengunjung website Anda betah. Semoga informasi ini bermanfaat, dan bisa dipraktekan langsung di website Anda. Selamat mencoba, dan salam sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar