Pondasi dari setiap
hubungan, entah itu bisnis, pasangan, orang tua, klien, ataupun teman, adalah
kepercayaan. Kepercayaan bukan suatu hal yang dapat dibangun dengan sekejap
mata, melainkan melalui sebuah kebiasaan yang konsisten dalam hubungan interaksi anda.
Dibawah ini adalah 11 bentuk
kebiasaan yang dapat meningkatkan tingkat kepercayaan dalam hubungan interaksi
anda:
- Transparan
Jangan mencoba
menyembunyikan sesuatu dari orang lain. Jauhkan dari segala macam
agenda/rencana tersembunyi. Anda mungkin berpikir anda dapat mengelabui mereka.
Namun perlu anda ketahui, kebanyakan orang memiliki intuisi yang baik, dan
meskipun mereka tidak mengetahui persis apa sebetulnya rencana tersembunyi
anda, mereka setidaknya memiliki perasaan yang kurang enak berada di dekat
anda. Biasanya orang-orang yang mempunyai rencana tersembunyi akan terlihat
dari bahasa
tubuhnya. (lihat juga Bagaimana
Mengetahui Seseorang Sedang Berbohong).
Jika mereka merasa tidak nyaman berada di dekat anda, mereka juga tidak akan bisa menaruh kepercayaan kepada anda.
Jika mereka merasa tidak nyaman berada di dekat anda, mereka juga tidak akan bisa menaruh kepercayaan kepada anda.
- Tulus
Hal ini mirip dengan poin
nomor satu. Katakanlah sesuatu dengan jujur. Jangan coba-coba untuk mengelabui orang lain dengan
kata-kata anda, seperti memberi pujian palsu atau pura-pura memberi dukungan.
Sekali lagi, orang-orang mempunyai semacam detektor.
Ketika seseorang mengetahui bahwa anda betul-betul tulus, kepercayaan mereka akan meningkat kepada anda. Orang-orang menyukai kebenaran.
Ketika seseorang mengetahui bahwa anda betul-betul tulus, kepercayaan mereka akan meningkat kepada anda. Orang-orang menyukai kebenaran.
- Fokus Pada Menambah Nilai
Dalam setiap hubungan, fokuskan
pada tindakan-tindakan yang menyentuh hati seseorang. Bekerja keraslah untuk
itu, karena ketika anda berhasil memberi nilai tambah pada kehidupan seseorang, mereka tidak hanya merasakan bahwa
anda berada di pihaknya, mereka juga akan memiliki dorongan untuk melakukan hal
yang sama kepada anda.
Contohnya, dalam hubungan bisnis adalah anda melakukan suatu hal lebih cepat dari yang dijanjikan. Dalam hubungan pribadi adalah anda fokus pada memenuhi keinginan pasangan anda daripada keinginan anda sendiri.
Contohnya, dalam hubungan bisnis adalah anda melakukan suatu hal lebih cepat dari yang dijanjikan. Dalam hubungan pribadi adalah anda fokus pada memenuhi keinginan pasangan anda daripada keinginan anda sendiri.
- Hadirlah Dengan Seluruh Jiwa Raga Anda
Dimana saja anda berbicara
dengan seseorang, buatlah ia menjadi fokus utama. Jangan berpikir tentang
kerjaan di kantor ketika anda berada di rumah dan berbicara dengan pasangan
anda. Sebaliknya, jangan berpikir tentang kondisi di rumah ketika anda sedang
bersama klien. Hadir dengan seluruh jiwa raga anda berarti anda memberikan
waktu yang berkualitas dan waktu yang berkualitas akan membangun kepercayaan.
- Perlakukanlah Selalu Orang Dengan Hormat
Semenjak kecil kita selalu
diajarkan oleh orang tua dan guru kita untuk berlaku hormat pada orang lain.
Namun, karena pengaruh lingkungan, nilai-nilai tersebut mulai luntur, kita malah
terbawa pada kebiasaan buruk meremehkan orang lain. Hal ini termasuk perilaku
membicarakan hal-hal yang kurang baik di belakang seseorang.
Ingatlah, martabat orang lain sebagai manusia, mereka berhak diperlakukan dengan hormat. Ketika orang-orang mengetahui bahwa anda selalu memperlakukan mereka dengan hormat, maka orang-orang pun akan menaruh banyak kepercayaan pada anda.
Ingatlah, martabat orang lain sebagai manusia, mereka berhak diperlakukan dengan hormat. Ketika orang-orang mengetahui bahwa anda selalu memperlakukan mereka dengan hormat, maka orang-orang pun akan menaruh banyak kepercayaan pada anda.
- Ambillah Tanggung Jawab
Ketika diri anda sedang
berantakan, segeralah bereskan diri anda tanpa terkecuali. Orang lain tidak akan
mengerti dan mungkin tidak akan peduli dengan permasalahan yang anda alami.
Lupakan mencari-cari alasan, dan ambillah saja tanggung jawab yang diberikan
pada anda, tidak perlu banyak berpikir. Pembenaran dan membuat alasan mungkin
membantu anda dalam jangka pendek, namun untuk jangka panjang, justru akan
menurunkan tingkat kepercayaan orang terhadap anda.
Dewasa ini, berani bertanggung jawab merupakan karakter yang sulit ditemukan dimana kebanyakan orang lebih sering menghindari konsekuensi negatif akibat perbuatan mereka. Beranilah untuk membuat perbedaan maka anda akan merebut kepercayaan dari orang lain.
Dewasa ini, berani bertanggung jawab merupakan karakter yang sulit ditemukan dimana kebanyakan orang lebih sering menghindari konsekuensi negatif akibat perbuatan mereka. Beranilah untuk membuat perbedaan maka anda akan merebut kepercayaan dari orang lain.
- Fokus Pada Umpan Balik
Kecuali anda adalah seorang
pembaca pikiran, satu-satunya cara anda dapat mengetahui seberapa baik hubungan
anda dengan seseorang adalah dengan cara meminta umpan balik (feedback) dari
orang tersebut. Jangan hanya pasif menunggu orang memberi umpan balik pada
anda, namun anda harus aktif memintanya. Kebanyakan orang takut untuk
memberikan umpan balik kepada anda, apalagi jika mengandung hal negatif.
Mintalah dengan tulus kepada seseorang dan berilah respon yang baik, maka orang
tersebut akan rela untuk memberikan umpan balik kepada anda. Terimalah semua
umpan balik, baik yang positif
maupun negatif, dan sebisa mungkin rubahlah kebiasaan anda yang kurang baik
berdasarkan umpan balik tersebut.
- Terimalah Kritikan Dengan Baik
Belajarlah untuk mengatasi
kritik dengan rasa syukur. Dibanding anda bertahan (defensive), pertimbangkan
apa yang orang lain katakan, mungkin ada benarnya. Menutup diri anda dari
segala kritik mempunyai dampak menutup segala komunikasi.
Dalam beberapa kasus, kritik mungkin ada tidak benarnya. Untuk contoh ini, anda mempunyai kesempatan untuk menunjukkan empati. Cobalah mengerti permasalahan seseorang dari sudut pandangnya. Mungkin kritik hanyalah sekedar luapan emosi dari kekesalan yang mereka miliki pada anda. Kerelaan anda untuk tidak mengambil sikap bertahan justru akan meningkatkan rasa kepercayaan dalam hubungan anda dan orang tersebut.
Dalam beberapa kasus, kritik mungkin ada tidak benarnya. Untuk contoh ini, anda mempunyai kesempatan untuk menunjukkan empati. Cobalah mengerti permasalahan seseorang dari sudut pandangnya. Mungkin kritik hanyalah sekedar luapan emosi dari kekesalan yang mereka miliki pada anda. Kerelaan anda untuk tidak mengambil sikap bertahan justru akan meningkatkan rasa kepercayaan dalam hubungan anda dan orang tersebut.
- Berbudi Bahasa yang Baik
Berbudi bahasa yang baik
harus dapat anda pegang teguh. Hanya ucapkan kata-kata yang baik kepada
orang-orang, meskipun orang tersebut tidak berkata baik kepada anda. Cepatlah
meminta maaf ketika anda mengetahui bahwa anda salah.
Mengapa anda harus melakukan ini? Pertama, bayangkan apa yang anda rasakan jika orang-orang mendapatkan pengalaman yang baik bersama anda. Kedua, bayangkan tingkah laku orang-orang yang akan ikut terbawa menjadi lebih baik karena mereka berada dekat terus dengan anda. Orang-orang akan menaruh kepercayaan besar kepada anda.
Mengapa anda harus melakukan ini? Pertama, bayangkan apa yang anda rasakan jika orang-orang mendapatkan pengalaman yang baik bersama anda. Kedua, bayangkan tingkah laku orang-orang yang akan ikut terbawa menjadi lebih baik karena mereka berada dekat terus dengan anda. Orang-orang akan menaruh kepercayaan besar kepada anda.
- Memegang Janji
Janji adalah sesuatu yang
memiliki dampak yang sangat kuat. Tepatilah semua janji yang telah anda buat.
Buatlah kata-kata anda jauh lebih kuat dibanding kontrak tertulis apapun, dan
jangan sekali-kali membuat janji kosong.
Alhasil orang-orang akan menghargai anda dan menaruh kepercayaan yang tinggi kepada anda.
Alhasil orang-orang akan menghargai anda dan menaruh kepercayaan yang tinggi kepada anda.
- Konsisten
Yang tidak kalah penting,
konsistenlah dengan perilaku-perilaku diatas. Jangan hanya sesekali saja anda
melakukannya. Konsistensi adalah kunci untuk menjaga kepercayaan orang lain
kepada anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar