Cari Blog Ini

Sabtu, 05 November 2011

6 Langkah Dasar Memulai Bisnis Online

 Bisnis online atau internet marketing mulai marak di Indonesia, baik itu untuk pasar lokal untuk menjual produk sendiri atau pun untuk pasar luar negeri yang memasarkan produk afiliasi dll. Ada banyak jenis peluang untuk mendapatkan income dari internet berikut variasi nya, begitu pun cara mempromosikan nya.
Mungkin, karena keterbatasan atau sepotong-sepotong informasi yg didapat, tidak sedikit para pelaku bisnis atau usaha hanya melakukan promo melalui social media populer seperti facebook atau twitter. Sebenarnya sah-sah saja hal itu dilakukan, tapi menurut hemat saya untuk menambah potensi hasil pendapatan yang lebih besar lagi, sebaiknya menyiapkan website untuk produk, jasa atau barang dagangan nya, tidak harus dalam bentuk toko online, dengan format blog saja saya rasa itu sudah cukup.

Kenapa harus membuat website untuk bisnis online?

Banyak sekali manfaat yang bisa didapat, secara umum diantaranya dapat meningkatkan rasa kepercayaan calon konsumen, hal ini penting mengingat transaksi online rentan sama isu ini. Alasan selanjutnya, dengan website kita dapat menjaring calon konsumen lebih banyak lagi dikemudian hari melalui halaman search engine seperti google atau yahoo, dan tetap bisa promo melalui social media dengan jangkauan konsumen yg lebih besar lagi.
Menurut pendapat saya pribadi, sejujurnya, membangun bisnis online itu tidak mudah apalagi buat pemula, tapi bisa dipelajari oleh siapapun kok. Yang tidak mudah itu konsistensi tekad kita sendiri dalam proses membangun bisnis online khususnya website untuk produk atau jasa kita.
Jangankan untuk pemula, terkadang yang sudah bisa pun menemukan kendala dari tiap-tiap langkah dibawah ini. Dan menurut hemat saya, lakukan langkah tersebut sesuai urutannya karena saling berkaitan erat, pelajari..kuasai..dan lakukan tiap langkahnya. (detail info tiap langkah, bisa cari di google.. atau nantikan tulisan saya selanjutnya, kalo saya lagi mood.. :P )
Kalau gak mau repot ya di outsource, tentunya biaya lebih besar sebagai kompensasinya, dan harus jeli untuk memilih outsource yang kompeten untuk masing-masing langkah berikut. ...............next page....!!!!