Cari Blog Ini

Rabu, 26 Oktober 2011

Tips Menguasai Bahasa Tubuh Yang Mendukung Kesuksesan Bisnis

Posisi duduk yang salah tak hanya menyebabkan sakit punggung, tapi juga kegagalan bisnis Anda. Anda pasti tahu bahwa sekitar 60-75% dari komunikasi yang Anda lakukan bersifat non-verbal, sebagaimana telah dijelaskan pada artikel Tips Mudah Memahami 15 Makna Bahasa Tubuh. Menguasai bahasa tubuh dan cara menggunakannya secara tepat sangat penting ketika melakukan aktifitas bisnis. Berikut ini tipsanda.com akan menguraikan berbagai bahasa tubuh yang dapat menggagalkan bisnis Anda:
1. Tidak Memandang. Mata adalah bagian dari tubuh manusia yang paling ekspresif. Membuat kontak mata sangat penting untuk interaksi social. Karena kontak mata menunjukkan respek danperhatian. Serta memberitahu orang yang Anda ajak bicara, ”Saya lebih tertarik kepada Anda disbanding hal lainnya pada saat ini.” Untuk mempertahankan kontak mata tanpa terkesan menatap dan menciptakan rasa tidak enak pada lawan bicara, pertahankan kontak mata antara 1 sampai 10 detik. Pertahankan lebih lama jika mendengarkan orang bicara. Menghindari menatap mata lawan bicara bisa dianggap tidak jujur, gelisah atau tidak tertarik. Lebih jauh lagi Anda akan dianggap meremehkan da menganggap status Anda lebih tinggi daripada lawan bicara.
2. Banyak Mengangguk. Banyak orang yang menggerakkan kepala untuk mendapatkan persetujuan dari orang lain. Tapi jika Anda ingin tampak lebih kuat dari lawan bicara, batasi gerakan kepala seminim mungkin.
3. Duduk. Jika situasi menuntut Anda untuk lebih terlihat berpengatuh atau kuat, lebih baik berdiri ketimbang duduk. Posisi berdiri dapat mengirim pesan tak sadar tetang kekuasaan dan keunggulan. Namun, jika situasi tidak memungkinkan dan Anda ingin terlihat pegang kendali, Anda bisa duduk dengan menjulurkan kaki ke luar atau meletakkan kedua lengan di samping kursi.
4. Tangan Menutup Perut. Banyak perempuan yang menyilangkan lengan untuk menyembunyikan pinggang lebar atau perut yang buncit. Padahal dalam berkomunikasi dengan relasi bisnis, menunjukkan perut itu malah penting! Karena ini mengindikasikan Anda orang yang penuh percaya diri dan bisa dipercaya. Sebaliknya, menyembunyikan perut dengan lengan bisa diterjemahkan sebagai pribadi yang berpikiran tertutup menjauhkan diri dan tidak jujur. Jadi jangan malu memamerkan perut Anda.
5. Memainkan Rambut. Jika Anda sering tanpa sadar memainkan ujung-ujung rambut dengan jari tangan, sebaiknya hentikan kebiasaan Anda itu saat bertemu dengan relasi bisnis. Karena memainkan rambut dengan tangan menunjukkan Anda kurang percaya diri.
6. Membetulkan Pakaian. Saat berada di tengah orang yang tidak dikenali, Anda mungkin terbiasa membetulkan pakaian. Di mata orang lain gerakan ini mengomunikasikan keinginan Anda untuk tampak lebih meyakinkan dan meningkatkan rasa percaya diri. Persoalannya Anda tidak ingin mereka menganggap Anda kurang pede. Makanya, hati-hati dengan kecenderungan ini. Kalau Anda tidak tahan ingin membetulakn pakaian, lakukan di dalam rest room atau tanpa terlihan calon klien.
7. Kaki Menyilang. Perhatikan posisi kaki ketika duduk berhadapan dengan calon klien. Duduk dengan kaki disilangkan menunjukkan Anda bosan dan ingin segera mengakhiri pertemuan. Segera ubah posisi duduk Anda. Duduklah dengan kaki sedikit terpisah, sebagai gantinya, guna menunjukkan pesan Anda menikmati pembicaraan itu.
8. Terburu-buru Mencondongkan Badan. Para ahli komunikasi menyarankan ketika terlibat dalam pembicaraan, condongkan badan kea rah lawan bicara secara cepat sebagai cara membangun komunikasi. Tapi studi-studi menunjukkan terlalu cepat mencondongkan badan ke arah seseorang bisa menyebabkan reaksi negative karena menciptakan rasa tidak nyaman dan ketidaksukaan kepada orang tersebut. Jadi sebaiknya lakukan gerakan ini secara bertahap.
9. Buta Budaya Klien. Bisnis akan berhasil jika Anda tahu budaya klien. Kenali cara mereka bergurau atau mengomentari sesuatu. Salah bercanda, you are a dead meat. Bagi Anda yang sering berhubungan bisnis dengan klien dari bangsa lain, sangat disarankan untuk mempelajari bahasa tubuh dan gerakan mereka agar tidak terjadi salah persepsi dan komunikasi
Sedangkan bahasa-bahasa tubuh yang terbukti sukses mendukung bisnis Anda adalah sebagai berikut:
1.Tersenyum. Sederhana tapi mahal, itulah senyum. Senyum tulus yang terukit di bibir Anda menjadi langkah pertama untuk membuka pintu, menghangatkan hati dan membangun hubungna saling percaya dan menghormati.
2. Tangan Membentuk Piramida. Tangan yang membentuk piramida jari-jari dan ibu jari kedua tangan saling bertemu dengan telapak tangan terpisah menunjukkan kekuatan. Posisi ini menunjukkan kecerdasan. Agar lebih meyakinkan, gerakan badan ketiak berbicara. Studi menunjukkan gerakan membuat pendengar percaya kepada pembicara.
3. Copycat. Jika Anda tertarik mengembangkan hubungan dengan seseorang , tiru gerakan-gerakan tubuhnya. Tapi ingat, lakukan secara halus. Jangan sampai dia menyadarinya. Jika tindakan Anda terlalu kentara atau melakukannya secara berlebihan, kemungkinan dia tida akan suka dan bakal mengambil jarak.